Setiap perusahaan tentu memiliki peraturan dan
kebudayaan dalam mendidik karyawannya agar berprilaku yang baik dan
bersikap profesional. Walaupun peraturan tersebut sudah jelas
disuarakan, tapi tidak sedikit pula karyawan yang sering melanggarnya.
Tentu hal ini sangat berkaitan dengan pribadi Anda ketika bekerja, tidak
mau kan Anda mendapat sanksi karena prilaku Anda yang tidak tercermin
baik. Sebaiknya Anda harus menghindari prilaku dan kebiasaan buruk saat
bekerja.
Terlalu Keras Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik melalui gadget seperti Ipod
atau melalui phone dengan vitur musik untuk menghindari suasana kantor
yang berisik tentu sah- sah saja. Ada baiknya Anda tidak terlalu keras
mendengarkan musik. Gunakanlah headset untuk mendengar musik, sehingga rekan kerja yang lain tidak terganggu.
Makan dan Tidur
Menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam di kantor tentu
menguras pikiran dan tenaga, Merasa dahaga dan lapar pasti sering
terjadi. Sering kali para karyawan makan di meja kerja dan kemudian
terlelap mengantuk, walaupun pada kenyataannya mereka tahu fungsi meja
kantor bukan buat makan dan tidur. Meja kerja mungkin akan tercemar
kuman- kuman dan bakteri dan terlihat kotor dan tidak bersih. Manfaatkan
waktu istirahat sebaik – baiknya dan gunakan jam makan siang untuk
bersantap makanan. Sisa jeda makan siang bisa Anda gunakan untuk tidur
15 menit.
Mengobrol Saat Jam Kerja
Biasanya karyawan wanita sangat identik dengan
”bergosip”. Tidak salah jika berbicara dengan rekan kerja lainnya, tapi
hindarilah kebiasaan mengobrol saat jam kerja berlangsung karena prilaku
ini akan merugikan penilaian Anda di mata atasan. Gunakanlah jam
istirahat sebagai waktu berbincang yang baik dengan teman Anda.
Chatting dan BBM-’an
Jika Anda mendapatkan fasilitas Media Internet
sebaiknya jangan menghabiskan waktu bekerja dengan ”chatting”. Prilaku
ini sangat buruk sekali dan tidak mencermikan profesionalisme dalam
bekerja. Jika Anda ingin mengobrol dengan ber “ chatting “ lakukanlah
saat jam makan siang. Karena hal terburuk adalah Anda akan mendapatkan
peringatan dari atasan Anda.
sumber :
0 comments :
Posting Komentar